Friday, July 23, 2010

5 Tanda Jantung Sehat

gambar hasil pencarian google
Bila jantung berhenti berdenyut hanya dalam beberapa menit, diikuti berhentinya sirkulasi darah, maka hidup kita yang berharga inipun akan berakhir. itu mengapa pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah sangat penting dan ditekankan.

Ada 5 tanda jantung sehat :


          1. Kolesterol
           LDL adalah kolesterol jahat dan HDL adalah kolesterol baik, semakin tinggi kolesterol baik (HDL) maka semakin kecil resiko terkena ateroklerosis. untuk jantung sehat, terget kolesterol jahat tidak lebih dari 130 mg/dl dan sedangkan HDL harus lebih dari 40 mg/dl. Untuk meningkatkan kadar HDL maka disarankan untuk banyak olahraga dan menkonsumsi banyak serat. 
        
          2. Tekanan darah
          Tekanan  darah tinggi dalam waktu yang lama dapat merusak arteri seluruh tubuh sehingga pembuluh darah menjadi tebal dan kaku sehingga aliran darah ke organ vital tersumbat.

          3. Denyut jantung
          Mengetahui jumlah detak jantung per menit (resting heart rate) merupakan salah satu cara untuk memprediksikan usia. pria yang memiliki resting heart rate diatas 75 denyut per menit (bpm) beresiko tiga kali terkena serangan jantung. denyut yang normal adalah 65 bpm.

          4. Gula darah puasa
           Kadar gula darah puasa merupakan tanda ada tidaknya resiko diabetes. Makin tinggi kadar gula darah anda, makin besar pula resiko terkena diabetes. Penderita diabetes punya resiko yang lebih besar terkena penyakit jantung, ginjal, dan gangguan mata.

         5. Protein C-reactive
         Protein C-reactive atau CRP adalah protein plasma yang diproduksi oleh hati sebagai reaksi dari adanya infeksi, luka, dan proses inflamasi. Kadar tinggi CRP menunjukkan adanya peradangan di dalam tubuh. Karena penyakit jantung terjadi karena adanya peradangan di dinding arteri. CRP bisa digunakan sebagai penanda umum resiko penyakit jantung.

          Peningkatan CRP biasanya diiringi dengan peningkatan kolesterol. Kadar CRP yang tinggi, yakni lebih dari 1 miligram per liter, juga dikaitkan dengan peningkatan resiko kanker prostat. Pengukuran CRP dilakukan dengan pengambilan darah dari sebagian siku atau belakang telapak tangan.

4 comments:

  1. ndung ay... mang apiq....
    ilok alu mang blog kamu, banyak nian iklannye..... pasti ambisi nian kamu nie ye nak dapat duit. hahay.....
    Tapi aku SALUT mang....
    Jadi oooohhhh aku belajar ngeblog ke kamu.
    yeee.... jadi yeeeee.....
    Jangan lupe pule ngayau ke blog aku mang.

    http://joseph-ep.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. hala SALUT kudai mang, aku juge lagi belajar. maluan mang gok yang lebih master...!!! bhaaaaaa!! ngumongkan duit hala besak ige mang...aneng jeme gale...hikhikhiksss

    oke kele aku ngayaw ke bada ngan mang :)

    ReplyDelete
  3. ai, salam kenal bung (aman lah lupe). cerdas pule awak tu, itu lah man tangan galak gatal, ape kian jadi duit man tkecak..bhaaaa. Lemak o ade waktu buat blog, alang ke hibatnye, agi mude, gemok, pdie agi kurangnye..(ndai baday)

    ReplyDelete
  4. :)) wassalam bang(dekdekan lupe kua go' kamu kang) hindu alu aku go' kamu, moreover your rock 'n' roll style very inspiring me...sukses selalu 4u...

    ReplyDelete

Thanks for comment here